Rabu, 20 Juni 2012

Fungsi dan Manfaat Tanaman dalam Ruangan

Kehadiran tanaman dalam ruangan dapat meningkatkan nilai tambah bangunan tersebut. Taman dalam ruangan dapat berpengaruh positif terhadap ruangan, antara lain:

Warna hijau tanaman membuat ruangan menjadi lebih segar dan nyaman. Memberi kesan semarak, indah, dan enak dipandang.

Beberapa jenis tanaman dapat menyerap polutan/zat berbahaya tertentu, sehingga menekan tingkat polusi di dalam rumah/ruangan.

Menyerap polutan / zat berbahaya: 
Umumnya setiap udara yang kita hirup mengandung polutan dengan kadar yang sangat rendah yang berbentuk gas, debu, atau uap air. Polutan bisa masuk ke rumah yang kita tempati, sehingga bisa mengganggu pernapasan terutama yang mengidap penyakit asma dan bronkitis.

Beberapa zat polutan yang dapat menyebabkan polusi dalam ruangan antara lain asap rokok, abu dari binatang peliharaan, bakteri, dan gas formaldehida yang dihasilkan oleh barang barang seperti karpet dan papan bangunan, serta gas dari alat masak rumah tangga. Asap rokok tidak hanya menyebabkan kandungan karbondioksida meningkat, tapi dapat menghasilkan gas lain seperti gas formaldehida, hidrogen sianida, dan gas lain yang dapat menyebabkan kanker.

Gejala yang ditimbulkan oleh zat polutan terhadap manusia bermacam-macam, tergantung kandungan zat polutan di dalam ruangan. Gejala awal yang sering ditimbulkan antara lain sakit, bersin-bersin, iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan. Dalam kadar tinggi dapat menyebabkan kematian. Karena itu diperlukan rencana bangunan yang mempunyai ventilasi peralatan elektronik yang baik.
Tindakan pertama yang dilakukan jika gejala-gejala awal dirasakan atau dirasakan ada peningkatan gas-gas berbahaya adalah membuka pintu lebar-lebar serta mencari pertolongan secepatnya.

Hasil penelitihan menunjukkan bawah kehadiran tanaman dalam ruangan dapat mengurangi gangguan udara kotor minimal 20% dari seluruh gangguan kesehatan. Tanaman mampu menyerap zat polutan dalam udara sehinga udara bersih untuk bernapas.

0 komentar:

Posting Komentar